VISI DAN MISI

  1. Visi

Visi lurah desa Batang Hari Kecamatan Rawa Pitu adalah menyelenggarakan pemerintahan yang bersih, transparan dan bertanggungjawab untuk mewujudkan masyarakat desa Panggungharjo yang demokratis,  mandiri, dan sejahtera serta berkesadaran lingkungan.

Visi tersebut mengandung pengertian bahwa pemerintah desa Batang Hari Kecamatan Rawa Pitu berkeinginan mewujudkan kehidupan mandiri dan berkesejahteraan dalam kehidupan yang demokratis dengan menyelenggarakan pemerintahan yang bersih, transparan dan bertanggung jawab.

Makna dari masing-masing kata yang terdapat dalam visi tersebut adalah sebagai berikut

Bersih  dalam arti pemerintahan yang tulus ikhlas dan suci.

 

Transparan dalam arti setiap keputusan yang diambil dapat dipertanggungjawabkan secara terbuka dan dapat diakses oleh masyarakat.

 

Bertanggungjawab  dalam arti pemerintahan yang wajib menanggung segala sesuatunya dan menerima pembebanan  sebagai akibat sikap tindak sendiri atau pihak lain. Kalau terjadi apa-apa boleh dituntut, dipersalahkan dan diperkarakan.

 

Demokratis dalam arti bahwa adanya kebebasan berpendapat, berbeda pendapat dan menerima pendapat orang lain. Akan tetapi apabila sudah menjadi keputusan harus dilaksanakan bersama-sama dengan penuh rasa tanggungjawab.

 

Mandiri dalam arti bahwa kondisi atau keadaan masyarakat Batang Hari Kecamatan Rawa Pitu yang berdiri sendiri tanpa bergantung kepada orang lain.

 

Sejahtera dalam arti bahwa kebutuhan dasar  masyarakat Desa Batang Hari Kecamatan Rawa Pitu telah terpenuhi secara lahir dan batin. Kebutuhan dasar tersebut berupa kecukupan dan mutu pangan, sandang, papan, kesehatan, pendidikan, lapangan pekerjaan dan kebutuhan dasar lainnnya seperti lingkungan yang bersih, aman dan nyaman, juga terpenuhinya hak asasi dan partisipasi serta terwujudnya masyarakat beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

 

Berkesadaran lingkungan dalam menjadikan kelestarian lingkungan sebagai ruh atas segala kegiatan pembangunan.

 

  1. Misi

Misi merupakan pernyataan tentang tujuan operasional pemerintah desa yang diwujudkan dalam kegiatan ataupun pelayanan dan merupakan penjabaran dari visi yang telah ditetapkan.

Pernyataan visi merupakan cerminan tentang segala sesuatu yang akan dilaksanakan untuk mencapai gambaran kedepan yang diinginkan.

Misi Desa Batang Hari Kecamatan Rawa Pitu dalam RPJMDes Tahun 2013-2017 adalah sebagai berikut :

  1. Mewujudkan pelayanan yang profesional melalui peningkatan tata kelola pemerintahan desa yang responsif, akuntabel dan transparan.
  2. Mewujudkan kehidupan sosial budaya yang dinamis dan damai.
  3. Meningkatkan potensi dan daya dukung lingkungan untuk menciptakan peluang usaha
  4. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan hijau yang partisipasif.
  5. Meningkatkan dan memperluas jaringan kerjasama Pemerintah dan Non Pemerintah.

 

  1. Nilai-Nilai

Untuk mencapai misi Desa Batang Hari Kecamatan Rawa Pitu , maka nilai-nilai  yang harus dijunjung tinggi adalah partisipatif, transparan, demokratis, efisien dan efektif serta berbudaya.

  1. Partisipatif (keterlibatan)

Setiap anggota masyarakat Batang Hari Kecamatan Rawa Pitu mempunyai hak untuk berpartisipasi dalam konteks pembangunan dengan prinsip dari, oleh dan untuk masyarakat. Oleh karenanya setiap proses pembangunan masyarakat harus dilibatkan mulai dari perencanaan, pelaksanaan pengawasan sampai pada pemeliharaan.

 

  1. Transparan (keterbukaan)

Adanya sifat keterbukaan pemerintah desa Batang Hari Kecamatan Rawa Pitu dengan batas-batas kewajaran dalam rangka meningkatkan kepercayaan masyarakat.

 

  1. Demokratis

Masyarakat diberi kebebasan dalam mengemukakan pendapat  dan menerima pendapat orang lain.

 

  1. Efektif dan Efisien

Mengedepankan hasil yang optimal dengan pengorbanan yang relatif sedikit (biaya maupun waktu) sehingga berhasil guna dan berdaya guna

 

  1. Berbudaya

Setiap gerak langkah pembangunan selaras dengan adat istiadat dan budaya yang berkembang di masyarakat, dengan demikian pelaksanaan pemerintahan desa senantiasa menjunjung tinggi budaya dan budi pekerti yang luhur.

Facebook Comments