Hidup Sehat Untuk Melawan Kronis, Diabetes dan Darah Tinggi Bersama Puskesmas Rawa Pitu

Tulangbawang-batanghari-rawapitu.id 10 Januari 2019 Puskesmas Rawa pitu mengadakan kegiatan rutin perbulan program penyakit kronis, prolanis, darah tinggi dan dan kencing manis. Sehat siapa yang tak menginginkan untuk hidup sehat mempunyai Badan yang sehat, pikiran sehat jiwa jasmani pun sehat. Kesehatan merupakan bagian terpenting dalam kehidupan. Harta paling berharga umat manusia adalah kesehatan. Tidak ada gunanya kaya, berumur panjang tapi kalau sakit-sakitan. Dahulu kala,  istilah kesehatan hanya memiliki makna “tiadanya penyakit atau pun luka”. Tapi seiring dengan perkembangan zaman, kesehatan bukan hanya tentang penyakit, tapi mencangkup seluruh aspek kehidupan. Seseorang di katakan sehat, jika tubuhnya terbebas dari penyakit, pikirannya bekerja sesuai fungsinya, spiritualnya mempunyai keyakinan, dan mentalnya stabil. Seseorang tidak bisa di katakan sehat, kalau tubuhnya sakit. Tidak bisa di katakan sehat, kalau pikirannya selalu galau dan tidak menentu. Tidak bisa di katakan sehata kalau emosinya tidak stabil. Atau kalau spiriatualnya melenceng dari norma-norma yang telah di tetapkan.

Kesehatan memiliki pengaruh pada berbagai dimensi kehidupan. Kesehatan bukan tentang kebugaran saja. Tetapi kestabilan emosi, kemampuan menjalin hubungan sosial dengan sesama, serta kepuasaan dalam menjalani dan menikmati kehidupannya.

Ada banyak faktor yang diketahui mempengaruhi status kesehatan seseorang, diantaranya adalah termasuk latar belakang, gaya hidup, kondisi sosial ekonomi , dan spiritualitas. Hal-hal tersebut sering dianggap sebagai ” faktor penentu kesehatan”  .

foto masyarakat untuk mencapai impian hidup sehat

Pada kesempatan ini Bidan Hajah Ropiati, Amd. Keb (32) ia menyampaikan bahwa penyakit Kronis, Darah Tinggi, dan Diabetes atau kencing manis ini semua sangatlah bahaya semua untuk kesehatan kita karena pada dasarnya jika badan kita mengalami rasa sakit maka semua anggota badan tubuh kita akan mengalami kerapuhan. Seperti halnya sakit Kronis, sakit ini awalnya dianggap biasa dengan dimulai beranggapan telat makan, tidak makan atau bahkan diet tanpa aturan yang benar. Lama semakin lama maka akan menimbulkan sakit Magh dan itu bisa lari keliver atau hati dan menyebabkan kronis dan bisa menyebabkan kematian secara dini. Sedangkan penyakit Darah tinggi ini sangat menakutkan karena orang yang mempunyai penyakit ini jika disampaikan kepadanya kabar yang tidak baik maka mereka bisa langsung seketika akan mengalami pingsan karena tensi darahnya yang semakin tinggi. Dan yang terakhir sakit Diabetes atau Kencing Manis penyakit ini ada yangkering dan ada pula yang penyakit basah. Jika diabetes kering jika terkena luka maka masih bisa cepat sembuh dan tidak menyebar beda halnya dengan penyakit diabetes yang basah jika terkena luka sedkit saja maka luka tersebut akan menyebar dan menyebar. Serta orang yang memnpunyai penyakit ini sangat dianjurkan oleh Hajah untuk mengurangi mengkonsumsi gula dan nasi.

Ucap Bidan Hajah Ropiati, Amd. memberikan motivasi bahwa segala berbagai macam penyakit apapun itu pasti ada obatnya dan jangan Bapak/Ibu berpikir negatif  dan berpikir bahwa saya tidak bisa menyembuhkan penyakit ini. Itu semua salah besar Pak / Buk karena sehat dan sembuhnya penyakit itu ada ditangan Bapak / Ibu semua. Jadi mulai dari sekarang mulai lah untuk hidup lebih sehat lagi dan yang terpenting pola makan serta olah raga secara teratur.

obat yang diberikan kepada masyarakat

Selain memberi obat dan motivasi Bidan Hajah Ropiati, Amd. juga memberi Kabar baiknya, bahwa diabetes bisa Anda kelola dengan baik untuk meningkatkan kualitas hidup Anda. Ada sejumlah perawatan, termasuk hal-hal sederhana yang dapat Anda lakukan setiap hari, yang bisa membuat perbedaan besar.

Tidak ada obat mujarab yang langsung bisa menyembuhkan diabetes untuk selamanya. Tapi Anda dapat memperbaiki kadar gula darah berlebih dengan suntikan insulin dan minum obat walau manajemen diabetes biasanya berjalan seumur hidup; yaitu Anda tidak hanya mendapatkan resep dosis tunggal untuk mengatasi hal itu, namun lebih kepada resep bergulir di mana pengaturan pemberian dan jumlah dosis insulin dan obat akan disesuaikan dengan perkembangan/kebutuhan Anda seiring waktu.

Di sisi lain, gejala diabetes tak melulu harus ditangani dengan obat-obatan medis. Di samping konsumsi obat-obatan, perubahan gaya hidup positif, seperti diet seimbang, olahraga, tidak merokok dan tidak minum alkohol, serta manajemen berat badan dapat banyak membantu menurunkan kadar gula darah — juga menekan risiko Anda terhadap komplikasi risiko penyakit lain akibat diabetes, seperti penyakit jantung dan gagal ginjal. Karena dari ketiga penyakit diatas yang paling banyak sekarang ini ialah Diabetes karena kelebihan gula dan makanan yang berlemak.

“Ayo mulai dari sekarang Jaga pola Makan anda dan Olah Raga secara teratur minimal Seminggu sekali”

(dwi/bth)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan