Pelatihan Tata Kelola Sistem Informasi Desa dan Kawasan di Kecamatan Meraksa Aji

Tulangbawang-batanghari-rawapitu.desa.id pada hari senin 31|12|2018 tepatnya dikampung Paduan Rajawali seluruh Pandu Desa dari kecamatan Meraksa Aji, Rawa Pitu, Marga Jaya, Mulyo Aji, Karya Bakti, dan Dente Teladas. Mengikuti pelatihan Tata Kelola Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDEKA) dengan pemateri yang disampaikan oleh Dana Putra Yudha, ia menyampaikan cara menjadi pemandu Desa yang profesional secara tradisonal. Sideka adalah pondasi, maksud dari tradisional ialah cara bekerja pada zaman dahulu masih sangat minim tetapi mereka bisa sangat mudah utuk mencapai pondasi tersebut. Dulu membuat Rumah tanpa ada paku, genteng, pasir, semen dan alat-alat bahan bangunan lainnya saja masih bisa terbentu menjadi sebuah rumah. Seperti halnya pada zaman sekarang teknologi sudah semakin canggih dan sangat mudah untuk diakses dimanapun, maksudnya zaman sekarang ini sangatlah mudah untuk mencari berbagai informasi ataupun mengaksesnya.

Foto bersama saat pelatihan di kampung paduan rajawali

Pelatihan kali ini selain belajar membuat berita disini juga menyambung silahturahmi agar pemandu semakin akrab satu dengan yang lain, Ujar Dana Putra Yudha jangan sampai kita sebagai Pemandu Desa tidak kenal atau tidak sapa sama sekali satu sama lain seperti halnya dengan orang yang berkunjung ke Mol datang lalu pergi. Dengan adanya pertemuan ini jika pemandu mengalami banyak kesulitan ataupun keluhan bisa langsung saja ditanyakan atau sharing. Sebenarnya untuk sharing bisa juga dilakukan digrup tetapi bila hanya di Hp maka akan banyak sekali kekurangan dan kejelasan. Untuk jumlah peserta Pelatihan mencapai 20 orang dari berbagai kecamatan pemandu desa.

Peserta Pelatihan sedang Proses membuat Berita yang akan diposting

Para Peserta Pelatihan Sideka ketika sedang membuat berita semua dapat berjalan dengan lancar namun ada sedikit kendala yaitu pemadaman Lampu PLN sejak pukul 11.30 sampai sekarang ini belum hidup. Dengan adanya kendala ini para peserta masih terus berusaha untuk membuat berita dengan cara bergantian latop antar pemandu.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan