Pengisian E Rapor SMPN 2 Rawa Pitu

Tulangbawang-batanghari-rawapitu.desa.id jumat 14|12|2018 karena sudah selesai semester 1 dan begitupun ulangan sudah selesai maka Smp  Negeri 2 Rawa Pitu sedang mengerjakan E Rapor kurikulum 2013. Pengisian E Rapor ini didampingi oleh Operator sekolah Dwi Sudarmi dan kepala sekolah Smpn 2 rawa pitu ialah Sujino. Pengisian E rapor ini sebenarnya dapat dibilang mudah dan bisa juga dikatakan sulit ucapnya operator kalau guru-guru yang masih muda sangat muda untuk mengisinya karena mereka sudah terbiasa dengan alat kompute/laptop tetapi jika guru yang sudah lanjut usia maka mereka merasa kebingungan dan selalu bilang kalauseperti ini masih enak menulis manual cepat selesainya dibandingkan seperti ini lama sekali susah banget.

sebenarnya untuk penginputan nilai E rapor ini jika sudah terbiasa sangat mudah namun jika belum pernah ya mengalami kesulitan. sebelum melaksanakan proses penilaian, guru mata pelajaran wajib melakukan perencanaan. Perencanaan penilaian yang tersebut meliputi perencanaan penilaian pengetahuan, keterampilan, sikap spritual dan sikap sosial. Perencanaan ini hendaknya dilakukan pada awal semester sesuai dengan rencana pembelajaran yang dibuat. Rencana penilaian yang telah dibuat dapat dilakukan perubahan, akan tetapi perlu diketahui bahwa perubahan perencanaan penilaian akan berakibat terhapusnya perencanaan serta nilai yang telah diinputkan sebelumnya.

  1. Merencanakan penilaian pengetahuanKeterangan:
    1: Pilih Kelompok teknik penilaian (Tes Tulis, Tes Lisan, Penugasan)
    2: Bobot Teknik Penilaian ( Misal pada test tulis 2, lisan 1, penugasan 1 diserahkan sepenuhnya kepada guru atau kebijakan sekolah. Jika pembobotan dikosongkan, sistem secara otomatis akan membaca bahwa bobot masing-masing teknik adalah sama)
    3 : Nama Penilaian ( Misal U1, U2, U3 dan seterusnya jangan sampai kosong)
    4 : Pilih KD yang akan dinilai dengan mengklik ceklist KD yang dimaksud. Untuk suatu KD dapat dilakukan penilaian dengan teknik yang sama lebih dari satu kali sesuai kebutuhan.
  2. Merencanakan penilaian keterampilan

    Langkah perencanaan selanjutnya adalah merencanakan penilaian keterampilan. Logikannya, penilaian Keterampilan (KD4) paralel dengan penilaian pengetahuan (KD3), misal pada perencanaan penilaian pengetahuan kita menilai KD 3.1 , maka pada perencanaan penilaian keterampilan, KD 4.1 juga harus dinilai.

  3. Merencanakan penilaian sikap spiritual
  4. Merencanakan sikap sosial
  5. Pembobotan PH, PTS, dan PAS

    Di dalam pengolahan nilai rapor (nilai akhir) suatu mata pelajaran perlu direncanakan pembobotan pada masing-masing komponen nilai rapor setiap mata pelajaran.

    Komponen nilai tersebut adalah penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PTS) dan penilaian akhir semester (PAS).

    Berikut ini adalah langkah untuk menentukan pembobotan masing-masing komponen nilai rapor (nilai akhir) mata pelajaran.

  6. Menginput Nilai

    Ada dua cara menginput nilai, yaitu dengan cara impor dan cara manual. Kelebihan dengan cara impor adalah kita dapat sekaligus menginput nilai dalam satu kelas dengan menggunakan file import nilai yang dapat diunduh dari aplikasi setelah perencanaan dilaksanakan.

    Setelah selesai menginput maka tugas wali kelas untuk mengeprint hasil tersebut dan diserahkan pada waktu pembagian rapor.

guru Smpn 2 rawa pitu mengisi e Rapor

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan