Memulai Untuk Hidup Sehat dengan Menanam yang Hijau

Tulang Bawang – batanghari-rawapitu.desa.id sedang melakukan penghijauan dengan menanam berbagai macam tanaman yang sangat bermanfaat selain bermanfaat bagi lingkungan tumbuhan juga sangat bermanfaat untuk mahluk hidup karena setiap mahluk hidup memerlukan oksigen. Tanaman ini diurus oleh Tugi sebagai penjaga Balai Desa batang Hari. Tanaman-tanaman ini sangat berbagai macam jenisnya dari mulai tanaman cabe, tomat, serai, lengkuas, pohon mangga, bunga kumis kucing, bunga katarak dan masih banyak lagi yang lainnya.

Diatas disebutkan ada bunga katarak yang sengaja ditanam dengan tujuan bisa dimanfaatkan untuk obat mata yang terkena debu dan bisa juga gejala-gejala katarak. kitolod atau bunga katarak  adalah salah satu jenis tanaman yang cukup mudah untuk ditemui dan tumbuh liar di tempat lembab seperti selokan, pinggir sungai, pematang sawah  atau sekitar danau. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Isotoma longiflora ini mengandung lobelin dan isotomin. Daun tanaman ini mengandung saponin, alkaloid, polifenol dan saponin. Kitolod dapat ditemukan di dataran rendah sekitar 1000 mdpl. Siapa yang sangka bahwa tanaman yang terabaikan ini terbukti memiliki efek untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti iritasi mata, sakit gigi, asma, hingga kanker!

Manfaat dari bunga katarak atau kitolod

Masing masing daun dan bunga kitolod memiliki manfaat tersendiri, namun perlu diingat bahwa tanaman kitolod yang anda gunakan sebagai obat harus bersih dan terbebas dari penyakit, jangan gunakan kitolod yang berasal dari tempat yang kotor dan banyak sampahnya seperti selokan, selain itu perlu diingat bahwa pangkal batang kitolod mengandung racun dan harus anda hindari.

  1. Obat mata

Salah satu fungsi yang paling umum dari bunga kitolod adalah sebagai obat mata yang mengalami iritasi, penggunaan kitolod sebagai obat mata sudah terbukti aman secara ilmiah. Cara menggunakannya adalah ambil beberapa bunga kitolod hingga ke pangkal tangkai bunganya. Rendam bunga tersebut dalam air bersih selama beberapa menit, lalu teteskan air dari ujung tangkai bunganya ke mata anda sebanyak 2-3 tetes. Awalnya mata anda akan terasa perih dan sepat, ulangi hal ini sebanyak 3 kali dalam sehari

2. Sakit gigi

Sakit gigi dapat disembuhkan oleh tanaman kitolod khususnya daunnya. Caranya adalah tumbuk 2 lembar daun kitolod hingga halus dan letakkan ke dalam gigi yang berlubang. Cara ini sebenarnya hanya bertindak sebagai penghilang rasa sakit saja, untuk penyembuhan anda bisa melakukan pencabutan atau penambalan gigi.

3. Asma dan radang tenggorokan

Daun kitolod seringkali digunakan untuk menyembuhkan asma, radang tenggorokan dan bronchitis secara tradisional. Caranya adalah dengan merebus 2-3 daun kitolod yang bersih, setelah itu airnya disaring dan diminum hingga 2 kali sehari

4. Antibiotik Luka

Daun kitolod dapat berperan sebagai antibiotic alami untuk luka ringan seperti lecet atau robek. Cara penggunaannya sama seperti pada kasus sakit gigi, daun kitolod ditumbuk dan dibalurkan pada luka dan sekitarnya. Cara ini tidak dianjurkan untuk luka berat seperti luka sobek yang terlalu dalam karena jika daun tertinggal di dalam luka untuk waktu yang lama, dapat menyebabkan infeksi.

Selain bunga katarak masih banyak seribu manfaat dari tumbuhan yang lain ditanam yang pada intinya ialah bahwa setiap tanaman memiliki manfaat yang berbeda-beda dari satu dengan yang lain. Yang sekarang kita harus lakukan ialah tetap menjaga, merawat dan mengembangkan berbagai macam tanaman yang ada di sekitar kita karena didalam khasiat tanaman selain untuk oksigen ialah bisa dijadikan obat-obat tradisonal, karena pada zaman sekang ini banyak warga yang sakit dengan berbagai macam penyakit yang diawali dengan pola makan yang tidak sehat dan tidak menjaga keindahan lingkungan sekitar.

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan