Jurus Ampuh Kepenulisan Jurnalisme

Tulang bawang – Mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) sedang melakukan tugas kuliah yaitu Kuliah Kerja lapangan (KKN) di Kecamatan Rawa pitu khususnya yang tersebar di 9 kampung diantaranya kampung Batang hari, Kampung Andalas Cermin, Kampung Sumber Agung, Kampung Panggung Mulyo, Kampung Duta Yoso Mulya, Kampung Bumi Sari, Kampung Gedung Jaya dan Kampung Rawa Ragil.

Mahasiswa UGM khususnya dibidang komunikasi dan pemetaan ini menyelenggarakan pelatihan Penulisan jurnalisme dan Pemetaan digital yang  dilakukan dengan 2 season dari pukul 08.00 – 11.30 khusus untuk pelatihan jurnalisme dan pukul 13.00-15.00 pelatihan pemetaan dan diadakan pada hari pada kamis 12|07|2018 di balai Kampung Batang hari.

materi penulisan jurnalisme

Penyampaian materi penulisan jurnalisme disampaikan oleh Ismail Yusuf ia berkata bahwa kepenulisan jurnalistik ini sangat mudah dan menyenangkan jika kita sudah mengetahui cara atau trik membuat berita secara benar atau fakta kejadiannya. Sedangkan kita mencari fakta itu harus menggunakan 5W + 1H karakter, plot, setting, kronologi, motif, dan narasi. ketika kita sudah menggunakan 6 hal tersebut dan selanjutnya lanjut ke unsur-unsur berita yang didalamnya terdapat judul berita, kota tempat asal media, kalimat yang pertama harus membuat para pembaca ingin membacanya, ide atau gagasan, dan setelah itu diakhiri dengan penutup.

Ismail Yusuf juga menyampaikan bahwa kita juga harus bisa membuat framing berita yang artinya mampu mengorganisasikan fakta agar teks yang terstruktur menghadirkan makna yang tersirat. selain itu ada teknik mengumpulkan fakta dengan cara observasi dan wawancara. Wawancara ini bisa dilakukan degan cara minimal mendapat 3 sumber baru dapat dilihat kebenarannya.

Dan yang paling tak terlupakan ketika menulis jurnalis ialah memahami hakekat menulis yang artinya mengekspresikan pengalaman melalui tulisan. Intinya ekspresi, pengalaman, dan tulisan semua itu harus saling terkait satu sama lain. Ekspresi bisa ungkapan untuk memperlihatkan siapa sesungguhnya penulis. Sedangkan pengalaman yang dialami sendiri dan bisa juga pengalaman orang lain bisa diminta melalui wawancara. Serta tulisan yang membutuhkan alur apakah kronologis, flas back, atau campuran. Dan pada akhirnya dapat disimpulakan dengan cara langkah-langkah Operasional dalam Menulis Jurnalis:

a. Kumpulkan dan pilih pengalaman

b. Tentukan Ekspresi

c. Pilih Narasi

d. Tetapkan Plot

e. Buat Out line

f. Elaborasi Out Line

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan