Keluhan Usila pada saat posyandu dengan berbagai penyakit

Bidan Hajah sedang mentensi darah para lansia dalam acara posyandu lansia rutin setiap bulannya, dikampung Batang Hari kecamatan Rawa Pitu

batanghari.desa.id |Kecamatan Rawa Pitu Kabupaten Tulang Bawang Senin, 04/06/2018. Posyandu yang dilakukan secara rutin setiap bulannya yang dihadiri ibu Kepala Kampung dan Bidan Hajah bertujuan agar para lansia yang ada di Kampung Batang Hari memiliki badan dan jiwa yang sehat.

Ibu Bidan hajah ini memiliki jiwa yang sangat ramah sehingga sangat diharapkan kedatangan beliau, sudah 4 kali posyandu bu hajah ini ada kegiatan bimtek puskesmas diluar. Para lansia sangat merasa gembira ketika Bidan Hajah ini datang. Karena selama ini  Bidan ini selain ramah ia juga selalu memotivasi para lansia agar tetap menjaga kesehatannya.

Kader beserta Ibu kepala kampung dan para lansia

Ibu Bidan menyampaikan betapa pentingnya Posyandu lansia / kelompok usia lanjut  demi Meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat, sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia dan  Mendekatkan pelayanan dan meningkatkan peran serta masyarakat dan swasta dalam pelayanan kesehatan disamping meningkatkan komunikasi antara masyarakat usia lanjut.

Bidan Hajah Ropianti sedang mentensi lansia

Bidan menyampaikan bahwa pada zaman sekarang ini penyakit sudah mulai keren juga mengikuti seiring perubahan zama. pada zaman dahulu tidak ada namanya penyakit darah tinggi ataupun jantung. Tapi, sekarang ini penyakit banyak sekali macamnya mulai dari penyakit jantung, diabetes, darah tinggi dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk itu para lansia dianjurkan untuk menjaga kesehatannya dari mulai pola makan dan istirahat yang teratur. terutama dari pola makan untuk yang darah tinggi diperbolehkan untuk memakan daging tetapi hanya secukupnya saja dan tidak dierbolehkan untuk minum kopi. sedangkan untuk penyakit diabetes mereka dilarang untuk mengkonsusmi makanan yang mengandung pemanis yang berlebih terutama gula, ataupun minuman yang berserbuk.

Dipagi ini para lansia meskipun sedang berpuasa mereka sangat bersemangat untuk mengecek kesehatannya. Karena mereka beranggapan bahwa kesehatan itu mahal dan tidak dapat diperjual belikan. Mereka selalu menerapkan ramuan-ramuan tradisional yang dianjurkan dari Bidan selain obat yang diberikan. contohnya saja obat herbal Merebus 5 lembar daun salam dengan 2 gelas air dan dijadikan 1 gelas yang diminum dipagi hari. Yang gunanya untuk menetralisirkan bagi penderita darah tinggi.

(batanghari-DS)

 

 

2 Comments

Tinggalkan Balasan