Kebersihan Seabagian dari Iman

Batang Hari Jumat, 16 Febuari 2018

pengertian kebersihan lingkungan beserta dengan manfaatnya bagi kita semua. Sebagai manusia yang tidak terpisahkan dari lingkungannya kita dituntut untuk bisa menjaga, merawat, dan melestarikan lingkungan agar senantiasa terpelihara dengan baik. Dan dibawah ini adalah penjelasan singkat mengenai pengertian kebersihan lingkungan dan juga manfaatnya, jadi simak baik-baik uraiannya berikut ini:

      Pengertian kebersihan lingkungan adalah kegiatan menciptakan atau menjadikan lingkungan yang bersih, indah, asri, nyaman, hijau dan enak dipandang mata. Kebersihan lingkungan tentu tidak satu tempat saja, misalnya saja kebersihan kantor yaitu kebersihan lingkungan tempat bekerja, kebersihan sekolah yaitu kebersihan lingkungan tempat belajar atau menuntuk ilmu, dan lain sebagainya. Kebersihan lingkungan hendaknya tidak terpisahkan dari setiap manusia, lingkungan yang bersih akan memberikan manfaat yang besar kepada manusia dan sebaliknya lingkungan yang kotor akan memberikan masalah yang besar kepada manusia. Oleh sebab itu kita wajib menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita, mulai dari diri sendiri, mulai dari hal terkecil dan mulai dari sekarang. Khususnya di Batang Hari masyarakatnya mengganggap bahwa air sungai adalah segala-galanya baginya, bagaimana tidak menganggap penting ”Air Bersih” yang dijanjikan akan mengalir kerumah mereka ternyata semua itu belum terjadi hanya ada kran sebagai hiasan didepan rumah mereka. Setiap sebulan sekali Petugas Fasilitas Umum (FU) melakukan babat pembersihan rumput dipinggir sungai gunanya agar sungai tetap terjaga kebersihannya serta aman untuk kebutuhan masyarakat setempat.

Inilah Beberapa Manfaat Keberihan Lingkungan

  1. Lingkungan akan menjadi bersih sehingga nyaman untuk ditempati.
  2. Kemungkinan Terserang penyakit semakin kecil dibanding yang kotor.
  3. Udara yang bersih dan segar sangat baik untuk pernafasan kita.
  4. Air yang bersih akan sangat beranfaat khususnya untuk air minum
  5. Lingkungan yang hijau tentunya enak untuk dipandang mata.
  6. Bisa juga mendapatkan penghargaan seperti misalnya Adipura.
  7. Dan masih banyak lagi manfaat lingkungan bersih lainnya.

Di agama Islam juga diajarkan mengenai kebersihan lingkungan mencangkup kebersihan makan, kebersihan minum, kebersihan rumah, kebersihan sumber air, pekarangan dan jalan. Ini semua sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW yaitu kebersihan adalah sebagian dari pada iman. Kebersihan akan lebih menjamin kebersihan seseorang dan menyehatkan. Kebersihan tidak sama dengan kemewahan, kebersihan adalah usaha manusia agar lingkungan tetep sehat terawat secara kontinyu. Bila sudah terbiasa menjaga kebersihan maka jika melihat tempat yang tidak bersih perlu segera kita bersihkan agar hilang dari pandangan mata. Semakin banyak kotoran yang dibiarkan menumpuk semakin tidak baik untuk dilihat yang lebih bahaya lagi akan mendatangkan berbagai penyakit atau wabah di sekitarnya.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan