MENCEGAH BANJIR PEMBANGUNAN TERUS BERJALAN

Minggu, 11 Febuari 2018

Gorong-gorong adalah bangunan yang dipakai untuk membawa aliran air (saluran irigasi atau pembuang) melewati bawah jalan air lainnya (biasanya saluran), di bawah  jalan, atau jalan kereta api. Gorong-gorong juga digunakan sebagai jembatan ukuran kecil, digunakan untuk mengalirkan kecil atau sebagai bagian drainase ataupun selokan jalan.

Gorong-gorong mempunyai potongan melintang yang lebih kecil daripada luas basah saluran hulu maupun hilir. Sebagian dari potongan melintang mungkin berada diatas muka air. Dalam hal ini gorong-gorong berfungsi sebagai saluran terbuka dengan aliran bebas.

Pada gorong-gorong aliran bebas, benda-benda yang hanyut dapat lewat dengan mudah, tetapi biaya pembuatannya umumnya lebih mahal dibanding gorong-gorong tenggelam. Dalam hal gorong-gorong tenggelam, seluruh potongan melintang berada dibawah permukaan air. Biaya pelaksanaan lebih murah, tetapi bahaya tersumbat lebih besar.

Fungsi gorong-gorong khususnya bagi masyarakat Batang Hari ialah mengalirkan air dari sisi jalan kesisi lainnya. Untul itu disainnya harus juga mempertimbangkan faktor hidrolis dan struktur supaya gorong-gorong dapat berfungsi mengalirkan air dan mempunyai daya dukung terhadap beban lalu lintas dan timbunan tanah.

Dulu sebelum dibangun gorong-gorong sering terjadi banjir karena penyumbatan air, air tidak bisa mengalir secara sempurna dan bahkan masyarakat yang mempunyai kendaraan pun untuk melewatinya tidak bisa karean hanya sepasang kayu yang ditidurkan untuk lewat pejalan kaki.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan