MASYARAKAT BATANG HARI MERASA DI PHP KAN DENGAN AIR BERSIH

Selasa, 13 Febuari 2018

Air bersih adalah salah satu jenis sumberdaya berbasis air yang bermutu baik dan biasa dimanfaatkan oleh manusia untuk dikonsumsi atau dalam melakukan aktivitas mereka sehari-hari termasuk diantaranya adalah sanitasi.

Masyarakat Batang Hari sangat berharap agar air bersih segera mengalir ke lingkungan mereka. Tapi sudah hampir 2 Tahun ini “KRAN’ ini belum juga mengalir, hanya ada rasa pemberi harapan palsu kepada masyarakat. Masyarakat sangat mengingikan air bersih karna air itu segalanya manuasia takbisa hidup tanpa air begitu juga dengan tumbuhan, hewan dan lain sebagainya.

Akibat ketiadaan air bersih

Ketiadaan air bersih mengakibatkan:

  1. Penyakit diare. Di Indonesia diare merupakan penyebab kematian kedua terbesar bagi anak-anak di bawah umur lima tahun. Sebanyak 13 juta anak-anak balita mengalami diare setiap tahun. Air yang terkontaminasi dan pengetahuan yang kurang tentang budaya hidup bersih ditenggarai menjadi akar permasalahan ini. Sementara itu 100 juta rakyat Indonesia tidak memiliki akses air bersih.
  2. Kecacingan
  3. Pemiskinan. Rumah tangga yang membeli air dari para penjaja membayar dua kali hingga enam kali dari rata-rata yang dibayar bulanan oleh mereka yang mempunyai sambungan saluran pribadi untuk volume air yang hanya sepersepuluhnya.

Masyarakat sangat takut dengan tidak adanya air bersih karena dengan air bersih tidak ada semua bisa terkena penyakit, bahkan ada yang sampai meninggal dunia gara-gara penyakit MUNTABER. Alternatifnya sekarang masyarakat membeli air bersih guna untuk mencegah berbagai macam penyakit yang ada dan menjaga pola kesehatan serta pola makannya dan beristirahat, berolah raga secara teratur.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan