MENUJU DESA WISATA AGRO INDUSTRI “BUAH NAGA KOMODITAS BARU PETANI KAMPUNG BATANG HARI”

Batang hari, 13/12/2017

wacana dan cita-cita warga kampung batang hari untuk menjadikan kampung batang hari sebagai kampung wisata agro mulai di wujudkan dengan pemanfaatan lahan dan pemberdayaan pertanian khususnya hasil pertanian yang dapat di pamerkan kepada para pengunjung kampung batang hari nantinya.

Saat ini buah naga menjadi pilihan utama komoditi pertanian warga kampung batang hari selain tanaman pokok seperti perkebunan karet dan sawit. Buah naga dipilih karena cocok dengan iklim dan tanah yang ada di kampung batang hari, sudah menjadi cirikhas kampung batang hari bahwa sorotan sinar matahari yang sangat terik dan tanah yang subur itu sebabnya tanaman seperti buah naga dapat tumbuh subur di kampung batang hari.

Pak kadek adalah salah satu petani buah naga yang sukses, dulu beliau hanya menanam 5 pohon naga di pekarangan rumah dengan iseng namun hasil yang didapat ternyata cukup menjanjikan sehingga saat ini beliau memiliki kurang lebih 300 batang pohon buah naga.

Beliau menceritakan bahwa rata-rata satu batang  pohon buah naga dapat berbuah 7-15 buah per bulan dan dijual dengan harga 20.000,- /kg sementara buah naga yang di panen pak kadek beratnya berkisar 1,5 – 3 kg. Hal tersebut membuat warga kampung batang hari yang lain berminat dan ingin mengikuti jejak kesuksesan pak kadek sebagai petani buah naga. Sehingga saat ini pak kadek sering kali menerima pesana bibit buah naga dari kebunnya.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan