APARAT SIGAP DESA SEJAHTERA (SOSIALISASI PELAPORAN DAN ALOKASI DANA DESA APARATUR KAMPUNG SE KECAMATAN RAWA PITU)

andalas cermin, 23/11/2017

sosialisasi pelaporan dan alokasi dana desa aparatur kampung sekecamatan rawa pitu dilaksanakan di balai kampung andalas cermin pada tanggal 23 november 2017 yang dihadiri oleh aparatur inti kampung sekecamatan rawa pitu khususnya aparat kampung batang hari. aparat kampung batang hari yang datang di acara tersebut antara lain kepala kampung, bendahara kampung, sekertaris kampung, operator kampung, kaur pembangunan, kaur pemerintahan, kaur umum dan operator sideka.

pemberi materi dalam kegiatan ini adalah Dian Noviana S.S.M.Sc. sebagai auditor pertama inspektorat pembantu IV inspektorat Tulang Bawang. beliau menyampaikan materi tentang “penatausahaan, pengelolaan keuangan desa” yang menjelaskan tentang pengertian penata usahaan keuangan desa yaitu pencatatan seluruh keuangan baik penerimaan maupun pengeluaran dalam satu tahun anggaran. materi ini sangant membantu kinerja bendahara kampung batang hari.

pemberi materi yang kedua adalah Hairudin SH yang menjabat sebagai auditor muda Inspektur Pembantu IV Inspektorat Tulang Bawang beliau menjelaskan materi tentang “penyusunan laporan dana desa”  bahwa terdapat pasal 71 UU 6 / 2014 tentang keuangan desa yang menyatakan bahwa “adalah semua hak dan kewajiban desa yang dapat dinilai dengan uang serta segala sesuatu berupa uang dan barang yang berhubungan dengan pelaksanaanhak dan kewajiban.

pemberi materi yang ketiga adalah Tony Gusliawan S.E.AK.M.M Inspektur Pembantu IV Inspektorat Tulang Bawang, beliau menjelaskan tentang “perencanaan pembangunan desa” bahwa pola pembangunan yangmelibatkan peran aktif masyarakat dan pemerintah desa serta unsur peduli lainnya dalam proses pengambilan keputusan untuk merubah keadaan, yaitu dengan merumuskan berbagai persoalan potensi dan kebutuhan, tujuan dan saran.

program ini sangat membantu para aparatur untuk dapat lebih paham tentang  tata cara pelaporan dan alokasi dana desa. dengan demikian praktek penggunaan dana desa dan laporannya dapat lebih baik dan menghindari kesalahan dalam pelaroran.

dalam kegiatan ini para aparatur tidak lupa untuk menjalankan kewajibannya sebagai umat muslim dengan menggelar solat dzuhur berjamaan dan dilanjut dengan makan siang bersama sambil berdiskusi tentang materi yang sudah diberikan dalam kegiatan tersebut.

setelah istirahat para peserta diberikan kesempatan untuk tanya jawab tentang materi pelaporan dan alokasi dana desa, hal ini dilakukan untuk lenbih mematangkan pemahaman para aparatur kampung tentang materi yang telah diberikan. aparat kampung sangat mendukung program seperti ini karena dapat membantu kinerja aparat kampung batang hari khususnya.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan