“INDONESIA BERJEJARING, INDONESIA KUAT” BIMTEK HARI KE 3 PENYULUH DESA BROAD BAND TERPADU 2017

Bandar Lampung, 4/11/2017

Pelatihan program Desa Broad Band Terpadu 2017  yang diikuti 36 desa terpilih dari Provinsi Lampung, Bengkulu, Jambi dan Sumatera Selatan dilaksanakan di hotel Yunna Bandar Lampung memasuki hari ketiga, acara dimulai sejak pukul 08.30 sampai 18.30 dengan pemberian materi cara menginput data penduduk, pembuatan form surat dan pemrograman menu pemetaan yang ada dalam aplikasi SIDEKA menggunakan aplikasi MY MAPS untuk menentukan peta lahan desa dan cara menentukan titik lokasi tempat atau bangunan tertentu.

pada pukul 19.30 para peserta BIMTEK Desa Broad Band Terpadu 2017 kedatangan kunjungan dari Perwakilan BPKP yang memberikan wawasan kepada para peserta BIMTEK penyuluh Desa Broad Band Terpadu 2017 tentang Integrasi Siskeudes dengan Platform tata kelola Desa. Beliau menjelaskan bahwa permendagri 113 telah mengeluarkan peratur tentang tata cara pemilihan kepala desa dan syarat memilihan aparat sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan. Siskuedes dulu namanya adalah SIMDA DESA yang di launching tanggal 13 juli yang dihadiri oleh stakeholders terkait seperti KPK-RI, Komisi XI-DPR-RI, Kemenkeu, Kemendagri, Kemendes PDTT, Gubernur, Bupati, LKPP.

Aplikasi Siskeudes memiliki beberapa versi aplikasi yang pertama versi 1.0 Beta Version digunakan untuk piloting proyek perubahan Kaper di Sulawesi Barat Implementasi 576 Desa se Sulbar Tahun 2015. Kedua, versi 1.1 Rilis Version di launching pada tanggal 13 juli 2015 untuk penggunaan nama SIMDA DESA dan di deseminasi ke Perwakilan BPKP se Indonesia. Ketiga, versi 1.2 Rilis Version dirilis untuk penggunaan nasional dengan nama SISKEUDES bersama kemendagri (Akomodasi PMK 50/2017 =>Output => OM SPAN), mulai tahun 2016-2017. Keempat, versi 1.3 Rilis Version (RENCANA PENGEMBANGAN) dalam tahap pengembangan sehubungan dengan PSAP Akuntasi Keuangan Pemerintah Desa, direncanakan rilis tahun 2018.

Aplikasi Siskeudes  berbasis kabupaten/kota, sehingga pembinaan dan pengawasan keuangan desa dapat diterapkan dengan baik. Pembinaan/pengendalian kabupaten/kota kepada desa melalui aplikasi siskeudes meliputi standarisasi kode kegiatan dan kode rekening (menu parameter => admin kab/kota). Data yang telah diinput oleh Desa diserahkan kepada Kabupaten/kota melalui Ekspor/Import (offline). Dengan aplikasi Siskeudes, Kabupaten/Kota dapat melakukan KOMPILASI KONSOLIDASI laporan tingkat desa dengan mudah termasuk Ikhtisar Lap, Realisasi APB Desa dan Lap Konsolidasi Penggunaan Dana Desa.

Diketahui bahwa pendapatan desa berasal dari 7 jenis pendapatan (pendapatan asli desa, dana desa, bagi hasil PDRD kabupaten/kota, bantuan keuangan provinsi kabupaten/kota, hibah dan sumbangan pihak ketiga, lain-lain pendapatan yang sah). Kedepannya anggaran dana desa akan dikurangi sesuai dengan pendapatan desa dan luas wilayahnya. Desa di wajibkan untuk memberikan laporan tentang penggunaan dana desa secara transparan yang dapat di tunjukkan melalui web desa yang sudah di berikan kepada desa masing-masing yang di tunjang dengan aplikasi Siskuedes dan Sideka.

 

About batanghari-rawapitu 5 Articles
sejak bulan oktober 2017 menjadi penyuluh desa broadband terpadu 2017 Kampung Batang Hari

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan